UTS Praktik Pementasan Drama. Syamsul Bachri.


TUGAS UTS
NAMA  : SYAMSUL BACHRI
NPM      : 08.601020.016
MK         : PRAKTIK PEMENTASAN DRAMA

1.       Apa yang dimaksud dengan drama jelaskan pengertian drama?
Jawaban : 
Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak, suatu aksi dan ekspresi atau perbuatan” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya.
2.       Bagaimana cara pembagian drama jelaskan?
Jawaban :
Drama dapat dibagi menjadi beberapa bagian

a.       Melodrama
Melodrama adalah lakon yang sentimental, dengan tokoh dan cerita yang mendebarkan hati dan mengharukan. Penggarapan alur dan penokohan yang kurang dipertimbangkan secara crmat, maka cerita yang dilebih-lebihkan sehingga kurang m,eyakinkan penonton.

b.       Tragedy
Tragedi atau drama duka adalah drama yang melukiskan kisah sedih yang besar dan agung tokoh-tokohnya terlibat dalam bencana besar. Tokoh-tokoh tersebut dalam kisah bencana ini penulis nsakah mengharapkan agar penontonya memandang kehidupan secara optimis. Pengarang secara bervariasi ingin melukiskan keyakinannya tentang ketidak sempurnaanya manusia. Pengarang berusaha untuk menempatkan dirinya secara tepat dalam kemelut kehidupan manusia itu. Kenyataan hidup yang dilukiskan berwarna romantis atau idealistis, sebab itu lakon yang dilukiskan seringkali mengungkapkan kekecewaan hidup karena pengarang mengharapkan sesuatu yang sempurna atau yang paling baik dari hidup ini.

c.       Komedi
Komedi adalah drama ringan yang sifatnay menghibur dan didalamnya terdapat dialog kocak yang bersifat menyindir dan biasanya berakhir dengan kebahagiaan. Lelucon bukan tujuan utama dalam komedi, tetapi drama ini bersifat humor dan pengarangnya berharap akan menimbulkan kelucuan atau tawa riang. Kelucuan bukan tujaun utama, maka nilai dramatic dari komedi (meskipun bersifat ringan) masih tetap dipelihara. Nilai dramatik tidak dikorbankan untuk kepentingn untuk mencari kelucuan


d.      Dagelan Farce  
Dagelan adalah banyolan. Seringkali jenis drama ini disebut dengan komedi murahan atau komedi picisan atau komedi ketengan. Sering pula disebut tontonan konyol atau tontonan murahan. Dagelan adalah drama kocak dan ringan dan tidak berdasarkan perkembangan struktur dramatik dan perkembangan cerita sang tokoh. Isi cerita dagelan ini biasanya kasar, lentur dan fulgar.

3.       Coba jelaskan tentang  teknik pementasan drama?
Jawaban :
Untuk menghidupkan peran dipentas, peralatan teknis akan membantu. Peralatan tersebut meliputi: pengaturan pentas atau Stage, dekorasi (secenery) tata lampu (lighting), tata suara (sound sistem) dan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pentas.

4.       Coba jelaskan tentang tatarias dalam pementasan drama?
Jawaban :
Tata rias adalah seni yang menggunakan bahasa kosmetika untuk menghasilkan atau menciptakan wajah peran, sesuai dengan tuntutan lakon. Fungsi pokok tata rias adalah merubah watak seseorang baik dari segi fisik, psikis dan sosial. Fungsi bantuan rias adalah untuk memberikan tekanan terhadap perannya. Jika rias menuntut berperan sebagai fungsi pokok maka, berarti mengubah diri aktor ke dalam peran yang lain dari dirinya sendiri. Peran rias ini akan Dibantu Oleh Tata Sinar Dan Jarak Antara Pentas Dan penonton.

5.       Sebutkan apa saja yang diperlukan dalam pementasan drama dan jelaskan tentang pementasan drama?
Jawaban :
 Dalam pementasan drama properti sangat berperan penting selain pendukung pementasan property juga dapat digunakan sebagai aksi panggung, cintoh: lampu sorot, lampu letting, meja, pedang, kursi, serta media-media yang dapat membantu berjalannya suatu drama.
Pementasan drama merupakan karya kolektif yang dikoordinasikan oleh sutradara, yaitu pekerja teater yang dengan kerja kecakapan dan keahliannya memimpin actor-aktris dan pekerja teknis dalam pementasan. Selain itu, adapula produser yang memberikan biaya pementasan dan menejer yang mengatur pelaksanaan pementasan.

1 Response